Senin, 27 April 2015

DAUN KARI / SALAM KOJA


Daun Kari / Salam Koja


Salam koja (Murraya koenigii syn. Chalcas koenigi) atau daun kari adalah tumbuhan yang daunnya dipakai sebagai penyedap kari.
Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai curry leaves.
Daun ini dipakai sebagai bumbu di Aceh. Bentuk daun ini agak sama dengan daun salam, cuma ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dari daun salam. Bunga dari tumbuhan ini berbau harum dengan buah berbentuk bulir berwarna ungu.

Asal tumbuhan ini adalah India dan Srilanka. Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tapi merupakan tumbuhan yang biasa terdapat pada kebun di bagian selatan India dan Malaysia.
Salam koja berkerabat dekat dengan kemuning (M. paniculata).

Kandungan Kimiawi

Ekstrak daun koja dilaporkan memiliki kandungan sebagai berikut:air(66.3%), protein (1%), lemak (1%), karbohidrat (16%), serat (6.4%) dan mineral (4.2%). Kandungan mineral utama per 100 gram daun adalah kalsium (810 mg), fospor (600 mg) dan besi (2.1 mg). Kandungan vitaminnya adalah karoten (12,600 i.u.), asam nikotinat (2.3 mg) dan vitamin C (4 mg).

Minyak atsiri

Kandungan minyak atsiri pada daun koja dilaporkan ada 34 jenis, di antaranya α-pinena (51.7%), β-phellandrena (24.4%), sabinena (10.5%), β-pinena (9.8%), β-caryophyllene (5.5%), limonena (5.4%), bornyl acetate (1.8%), terpinen-4-ol(1.3%), γ-terpinena (1.2%) dan α-humulena 





Alkaloid

Kandungan alkaloid yang ditemukan pada daun koja di antaranya mahanimbina, girinimbina dan dua karbazol alkaloid baru isomahanimbina and koenimbidina dari daun dan akar.

Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan :
1. Membantu melawan Anemia
Zat besi dan Asam Folat ditemukan dalam daun kari ini, yang akan membantu melawan anemia yang memang kekurangan zat besi dalam tubuh serta ketidakmampuan menyerap dan menggunakan zat besi secara efisien.
Disinilah Asam Folat memainkan peranannya.

2. Menyehatkan Penglihatan
Daun Kari merupakan sumber yang kaya akan vitamin A, yang mengandung karotenoid yang melindungi kornea pada mata.  

3. Mengurangi Kolesterol jahat LDL
Daun Kari memiliki antioksidan yang dapat mencegah kolesterol, berari pembentukan kolesterol jahat LDL dalam tubuh dapat diminimalkan sebagian besar, dan membantu pembentukan kolesterol baik HDL yang dapat melindungi dari penyakit jantung dan aterosklerosis.

4. Melindungi Hati
Daun Kari yang kaya akan kaempferol dan vitamin A serta C, nutrisi ini membantu merangsang hati untuk berfungsi secara lancar.

5. Membantu menghentikan Diare
Daun kari yang dikenal juga selain sebagai obat pencahar ringan, juga merupakan obat yang baik untuk diare.
Daun kari juga merupakan antibakteri dan antinflamasi, yang membantu menringankan gejala diare.

6. Menguatkan Rambut
Daun kari dapat membantu mengatasi masalah rambut, seperti penipisan, uban dan juga ketombe, serta kerusakan rambut dengan meremas remas dan mengoleskannya pada kulit kepala untuk memperkuat akar rambut dan menyehatkan kulit kepala.

7. Memerangi Diabetes
Daun kari tidak hanya menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita, tetapi juga menjaga kadar gula dalah selama beberapa hari setelah kita mengkonsumsinya.  Oleh karena itu daun kari baik untuk penderita diabetes yang mencari solusi untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

8. Meminimalkan efek samping dari Kemoterapi
Daun kari dapat melindungi kita dari efek buruk Kemoterapi dan Radioterpi. Daun kari melindungi kromosom dan sumsum tulang belakang dan mencegah produksi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh.

9. Menyembuhkan infeksi Kulit
Daun kari memiliki anti ksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi, oleh karenanya daun kari adalah obat yang baik untuk infeksi kulit dan jamur, termasuk jerawat dan masalah kuku.



Untuk itu gunakanlah/masukanlah daun kari dalam setiap masakan yang kita buat dan makanan yang kita konsumsi, agar kita bisa lebih sehat dan kehidupan lebih baik.

Untuk mendapatkan bibit tanaman DAUN KARI atau SALAM KOJA ini dapat berkunjung ke :
KC Nurseries Bogor, dan dapat menghubungi :
0813 8482 4904


Terimakasih
Salam KC Nurserie Bogor

2 komentar:

  1. Jakarta, Aktual.com — Apakah anda pernah mengenal masakan dengan nama ‘Kari’? Tentunya pernah. Makanan Asal Negara India ini sangat dipercaya akan bumbunya yang kental dan rasanya yang has dengan rempah-rempah.

    Untuk membuat rasanya menjadi Kari yang lezat, ternyata satu jenis daun yang dimasukan dalam makanan kari tersebut. Kari itulah yang membuat nama masakan yang kaya santan itu menjadi Kari.

    Daun kari, berasal dari keluarga Rutaceae dan dari spesies... Baca Selengkapnya di Aktual.com

    BalasHapus
  2. Terimakasih informasinya ya pak....

    BalasHapus