Selasa, 27 Mei 2014

Tanaman Obat Keluarga : KEMBANG TELENG

KEMBANG TELENG

       Tanaman ini juga digunakan secara tradisional untuk mengobati sakit mata ataupun untuk mempercerah penglihatan, dan mungkin karena kegunaannya itulah maka tanaman ini disebut dengan kembang teleng, bunga telang, atau bunga teleng yang artinya ‘ jelas  ‘ (dalam konteks penglihatan). 

     Nama lokal lainnya : Bunga biru (Melayu/Sumatera), Kembang telang/Kembang teleng  (Jawa, Sunda), Bunga telang (Makassar), Bunga temenraleng (Bugis), Saya ma gulele (Ternate), Bisi (Halmahera Utara)


     Di Jawa, kembang teleng dimanfaatkan juga oleh mereka yang baru punya bayi atau anak anak balita, dengan meneteskan air rendaman kembang teleng ke anak anak mereka, tujuannya supaya mata anak menjadi bening dan penglihatannya jelas, dan orang tua, atau orang dewasa, juga menggunakan air rendaman kembang teleng untuk mencuci mata, tujuannya sama untuk pengobatan dan menjadikan penglihatan lebih baik.

·        

     Tumbuhan ini tergolong ke dalam famili Leguminosae atau kacang-kacangan, yang tumbuh dengan merambat dan membelit, daunnya bersirip ganjil.
     Daun pelindungnya berjumlah 2-3 pasang berbentuk telur atau jorong. 
     Permukaan daun dan batangnya berbulu.
     
     
   
Untuk bunganya, biasanya  berwarna biru, namun sebenarnya tanaman ini juga memiliki variant yang berwarna lain, seperti putih, ungu dan pink.

     Kebanyakan kembang telang memiliki helai bunga satu lapis, namun ada juga yang berlapis (ruffle). 
     Ukurannya bunganya pun ada yang besar dan ada juga yang kecil.
·   
     Bentuknya seperti kupu-kupu atau buterfly, jumlah bunganya biasanya terdapat beberapa tangkai, sedangkan di ketiak daun berjumlah satu bunga saja.

     Penyebaran secara alami tanaman kembang teleng ini di daerah wilayah Nusantara adalah Sumatera, Jawa, Sunda, Maluku, Ternate, Sulawesi Selatan.
·         
     Perkembang biakan Kembang teleng :
     dapat diperbanyak dengan biji.
  
     Kami menyediakan berbagai kebutuhan anda mengenai Kembang Teleng ini, jika anda berminat silahkan hubungi kami :
     
 

KC NURSERIES BOGOR
0813 8482 4904

     Tersedia mulai dari :
     - Benih biji, yang siap disemaikan/ditanam.

     - Bunga Teleng Segar yang baru dipetik dari pohonnya, dan dikirimkan kepada pelanggan/pemesan, yang umumnya dipergunakan untuk perawatan mata pada anak bayi/balita juga orang dewasa, untuk pengobatan mata, karena iritasi atau juga karena penyakit, seperti minus dan katarak, juga digunakan untuk pembuatan minuman di beberapa Cafe, serta untuk pewarna makanan alami di beberapa Resto yang menjadi pelanggan kami, baik di Bogor, Jakarta maupun di Surabaya.


     - Bunga Teleng Kering siap pakai, baik untuk minuman dengan diseduh air panas, sebagai pengganti minum teh, maupun untuk pewarna makanan alami, seperti nasi biru, atau juga dalam pembuatan puding dan cake.


     - Bibit Tanaman Kembang Teleng yang belum berbunga dan berumur antara 9 – 10 minggu, tinggi pohon antara 25 cm – 35 cm.
     

     - Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga, dan anda bisa memetik sendiri bunganya.



     Nama ilmiah : Clitoria ternatea
     Iklim ideal : dataran rendah - sedang   
     Sinar matahari : sepanjang hari
     Media tanam : tanah2 : humus1/kompos1
     Kebutuhan air : sedang
     Tinggi tanaman rata - rata : 5mtr merambat
     Tinggi bibit saat ini : 25 cm – 35 cm



1 komentar:

  1. Bunga Telang Segar maupun Bunga Telang Kering dapat diseduh dengan air hangat atau air panas dan langsung dijadikan minuman hangat/panas sebagai pengganti minum teh...
    Mmmhhm...silahkan mencoba dan menikmati minuman sehat alami ini ya...selain menyegarkan mulut, juga menghindarkan anda dari sariawan dan bau mulut...
    Oya bisa juga diminum dalam kondisi dingin dan ditambahkan es batu....seger banget....

    BalasHapus