Selasa, 07 April 2015

BROTOWALI

BROTOWALI




Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan tanaman brotowali, misalnya :
- gatal-gatal,
- luka luar,
- koreng,
- kudis,
- malaria,
diabetes,
- hepatitis,
- dan bahkan bisa juga untuk penambah nafsu makan.



1. Obat Gatal-gatal
Caranya : Ambil 20 gram batang brotowali, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Diamkan sampai agak dingin. sebelum digunakan untuk merendam bagian yang gatal. Lakukan 2x sehari.
2. Obat Luka luar, Koreng, atau Kudis
Caranya : Ambil batang brotowali sepanjang 30 cm, berikut daunnya dicuci bersih lalu dipotong masing-masing 5 cm. Rebus dengan 6 gelas air selama 1/2 jam. Setelah agak dingin, gunakan untuk membersihkan bagian yang luka.
Sementara itu, 7 batang daun brotowali ditumbuk halus dan tempelkan pada luka lalu dibalut dengan perban. Balutan dan ramuan daun ini harus diganti setiap 2 hari sekali.
3. Obat Malaria
Caranya : Ambil 20 cm batang brotowali berikut daunnya direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, diminum dengan madu. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
4. Obat Diabetes

Caranya : Ambil 10 cm batang brotowali bersama akar pepaya direbus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring dan diamkan sampai agak dingin. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.


5. Obat Hepatitis
Caranya : Ambil 20 cm batang brotowali berikut daunnya direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah. Menjelang masak, masukkan air perasan 3 jari temulawak yang sudah diparut. Saring. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
Caranya : Ambil 3 lembar daun brotowali, 30 gram batang brotowali direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum setiap hari 1 gelas.


KC NURSERIES BOGOR
menyediakan berbagai tanaman obat keluarga ( TOGA ), salah satunya tanaman Brotowali ini

Silahkan hubungi : 0813 8482 4904, untuk mendapatkannya.... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar